Rabu, 17 Desember 2014

Manfaat Mandi Pagi Dengan Air Dingin

Manfaat Mandi Pagi Dengan Air Dingin

Manfaat Mandi Pagi Dengan Air Dingin :: Mandi pagi mungkin sudah biasa di lakukan, ada yang menggunakan air hangat, ada juga yang menggunakan air dingin. Apakah anda tau manfaat mandi pagi dengan air dingin ?? Banyak manfaat yang bisa di dapat dari mandi pagi dengan air dingin.

Berbeda dengan anggapan banyak orang di mana suhu dingin diyakini memicu pilek dan flu, ternyata penelitian menunjukkan bahwa suhu dingin sebenarnya dapat membantu tubuh tetap sehat. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mandi air dingin. Berikut beberapa manfaat mandi pagi dengan air dingin.

Khasiat Dan Manfaat Mandi Pagi Dengan Air Dingin Untuk Kesehatan:

1. Dapat melancarka Peredaran Darah

Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya  akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar.

2. Mendetoksifikasi Tubuh Anda

Alasan lain mengapa Anda merasa terkejut dan menggigil saat mandi air dingin adalah karena tubuh Anda juga sedang berusaha menghilangkan racun-racun dalam tubuh keluar melalui kulit Anda. Ini mencegah racun-racun tersebut berada dalam tubuh Anda dan menyebabkan infeksi atau sejenisnya. Mandi air dingin jugalah yang menyebabkan sistem limfatik dalam tubuh Anda bekerja lebih aktif.

3. Membuat Otot Lebih Rileks

Ini cocok banget buat kamu yang suka olahraga. Mandi dengan air dingin bisa membuat otot-otot kita jadi lebih rileks. Karena setelah melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan kamu butuh waktu untuk membuat otot-otot kamu menjadi rileks. Nah untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot Anda akan membesar dan mengerut.

4. Bisa Meredakan Depresi

Ritual mandi pagi dengan air dingin biasa dilakukan oleh para pejuang samurai Jepang tempo dulu. Ritual ini biasa disebut misogi dalam bahasa Jepang. Kebiasaan ini bertujuan untuk pembersihkan jiwa sehingga pikiran  menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat.

5. Meningkatkan Semangat

Jangan pernah takut mandi air dingin  di pagi hari. Karena mandi air dingin setelah bangun tidur akan memberikan stimulasi pada saraf-saraf yang lemas lantaran beristirahat semalaman. Akibatnya, mata akan terbuka lebar, pikiran terasa lebih segar, dan kamu akan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas.

6. Meningkatkan Kesuburan

Bagi pria yang ingin memiliki anak berusahalah sering-sering mandi dengan air dingin agar hormon reproduksi Anda meningkat. Ini karena mandi air dingin dapat meningkatkan berbagai produksi hormon dibandingkan mereka yang mandi air panas seperti hormon testosterone yang berkaitan dengan kesuburan contohnya.

Buat yang biasa menggunakan air hangat pastinys lumayan berat jika langsung menggantinya dengan air dingin. jadi, kita harus melakukannya secara bertahap saja. Bisa mulai dari hangat menjadi tidak terlalu hangat, dan sampai mendekati dingin. Apabila sudah terbiasa mulailah pelan-pelan menggunakan yang suhunya agak dingin. Dengan begitu, lama kelamaan akan terbiasa kita mandi menggunakan air dingin. Dan tentunya akan mendapatkan banyak manfaat dari air dingin.

7. Bisa Menurunkan Berat Badan

Beberapa dari Anda mungkin merasa hal ini sulit dipercaya. Bagaimana mungkni mandi air dingin dapat menyebabkan berat badan Anda berkurang? Namun ternyata hal ini benar apa adanya. Pada saat kita mandi air dingin, begitu merasakan dinginnya air tersebut tubuh kita pasti menggigil. Ternyata itu adalah respon alami dimana tubuh kita sedang berusaha menghasilkan yang namanya lemak coklat.

Sekian penjelasan mengenai manfaat mandi pagi dengan air dingin yang bisa kami share untuk anda, semoga bermanfat dan bisa anda lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar